Tips Memilih RAM yang Baik dan Benar

Tips Memilih RAM yang Baik dan Benar
Tips Memilih RAM yang Baik dan Benar

Tips Memilih RAM yang Baik dan Benar.. Yo brutz, ada pikiran untuk ganti atau tambah RAM perangkat Komputer atau Laptop kalian? “ah saya mau beli RAM yang pokoknya BESAR”, waduuuh~ pemikiran yang salah tuh brutz, awas jangan asal beli RAM, karena untuk membeli RAM ada beberapa Faktor yang perlu kalian cermati karena kesalahan memilih RAM dapat berakibat fatal loh pada perangkat, misalnya perangkat tidak mau hidup, atau justru setelah diganti atau ditambah RAM kinerja perangkat justru tambah berat. Saya punya tips memilih RAM yang Baik dan Benar loh untuk kebutuhan perangkat kalian agar tidak merugi dikemudian hari. Langsung aja disimak ya

Pada post ini saya menggunakan beberapa Screenshot dari aplikasi CPUZ untuk mengecek RAM saya

1. KECEPATAN FREKUENSI

Tips Memilih RAM yang Baik dan Benar

Frekuensi RAM yang Baik dan Benar

Kalian harus paham bahwa tidak semua Mainboard support dengan kecepatan frekuensi pada Memory (RAM). Kalian harus dan wajib lihat MIN dan MAX kemampuan Motherboard dalam menerima kecepatan frekuensi Memory. Selain Mainboard, Processor kalian tentunya juga harus sesuai dan mampu untuk menerima kecepatan frekuensi Memory kalian. Alangkah baiknya  untuk melihat terlebih dahulu spesifikasi Processor dan Motherboard kalian sebelum membeli Memory. Sedikit info bahwa untuk DDR3 maksimum speed 1.066 – 1.600 Mhz mode standar dan 1.866 – 3.000 Mhz mode overcloking. #CMIIW.. Berikut contoh frekuensi yang tepat pada sisi Processor dan RAM

Pada CPU (Gambar sebelah kiri) perhatikan bagian Clocks (Core #0) – Core Speed dan cocokkan dengan RAM (Gambar sebelah kanan) pada bagian Timings – DRAM Frequency, disana tertulis 798.1 MHz, which is good 😀

2. KAPASITAS

Tips Memilih RAM yang Baik dan Benar

Kapasitas RAM yang Baik dan Benar

Biasanya sih pada Motherboard pasti menyediakan slot lebih dari satu, minimal 2 lah sejauh yang saya tau, Nah misalnya saat ini kapasitas perangkat kalian yaitu Single 2GB RAM, lalu kalian ingin menambah RAM tanpa harus mencabut yang lama, saran dari saya kalian harus beli RAM dengan kapasitas 2GB juga brutz, karena jika seri dan kapasitas RAM tersebut sama maka kinerjanya akan sangat stabil. Contoh sederhana, mengapa sebuah merk perangkat menjual perangkat mereka dengan paket 2 atau 4 buah RAM dengan kapasitas yang sama, ya itu alasananya, agar was wes stabil 😀 ehehhe.

saya ada tips untuk Memasang RAM dengan kapasitas berbeda loh brutz, Cek yaa!

3. MERK

Tips Memilih RAM yang Baik dan Benar

Merek RAM yang Baik dan Benar

Usahakan kalian menggunakan memory dari produsen yang berkualitas, ada harga ada rupa brutz, jangan karena harga murah tersebut, kamu menggadaikan keselamatan komponen lainnya. jadi produk yang kalian gunakan juga harus memiliki kualitas yang baik. Kalian juga harus menggunakan RAM yang memiliki merk yang sama, agar Memory berjalan lebih stabil.

4. MOTHERBOARD

Tips Memilih RAM yang Baik dan Benar

RAM dengan Slot Motherboard yang Baik dan Benar

Keterangan

Biru & Pink = Socket DDR3 RAM
Hijau & Orange = Socket DDR2 RAM

Wah saya sejujurnya ga pernah loh liat Motherboard seperti gambar diatas. Saya sepertinya yakin Motherboard jenis itu sudah tidak diproduksi lagi.

Nah tips selanjutnya Motherboard anda juga harus dilihat, Jangan sembarang beli brutz. Motherboard DDR2 belinya RAM DDR3 = Auto ngaco. Hehehehe… Selain socketnya kalian juga harus melihat, apakah Motherboard mampu dipasang seri RAM yang akan anda beli. Pada spesifikasi motherboard terdapat kemampuannya menerima motherboard. Misal, Max Dual Channel 8 GB kecepatan 1.333 Mhz. Jika anda memasang RAM 16 Gb kecepatan 1.866 Mhz, maka motherboard akan kembang kempis a.k.a ga sanggup.

5. VOLTAGE

Tips Memilih RAM yang Baik dan Benar

Voltage RAM yang Baik dan Benar

Jika kalian ingin upgrade atau menambah RAM, lihat juga ukuran tegangan listrik yang digunakan, ada beberapa motherboard dan Laptop tidak bisa membaca dua buah RAM yang memiliki Voltage yang berbeda. Apalagi laptop, RAM beda voltage dapat menyebabkan tidak bisa booting.


Demikian brutz Tips Memilih RAM yang Baik dan Benar VERSI saya, hehehe. semoga artikel ini dapat membantu brutz yang tamvan dan cantique untuk menentukan RAM yang tepat untuk perangkat kesayangan.
Mohon maaf apabila ada banyak hal yang tidak tepat 😛
Tips Memilih RAM yang Baik dan Benar. Tips Memilih RAM yang Baik dan Benar. AWAS jangan sembarang beli RAM, kalau tidak cocok kalian yang RUGI brutz, Simak dimari tips-tips dari CrotBrut’z

13 Comments

Leave a Comment

*